BERITA SULTENG

Pemkot Palu Hadiri Perjanjian Kerjasama BPKP Sulteng Dan PT. BNI Cab Palu

BERITA MORUT, PALU- Wali kota Palu diwakili Sekretaris Daerah kota Palu, H. Asri, SH mengikuti acara penandatanganan perjanjian kerjasama Pemerintah kota Palu, Perwakilan BPKP Sulteng, dan PT. BNI Cabang Palu pada Jumat, 12 Juni 2020 di ruang rapat Bantaya kantor Wali kota Palu.

Perjanjian kerjasama tersebut tentang pengembangan dan penggunaan aplikasi koneksi transaksi antara rekening kas umum daerah dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) keuangan dalam rangka optimalisasi pengelolaan keuangan daerah.

Dalam sambutannya, Sekkot Asri yang membaca sambutan tertulis Wali kota Palu menyampaikan dengan hal ini diharapkan menjadi trigger bagi Pemerintah Kota Palu untuk melakukan pengelolaan keuangan daerah secara lebih baik, akuntabel, dan transparan.

“Penerapan aplikasi koneksi transaksi antara rekening kas umum daerah dengan aplikasi Simda keuangan, maka informasi terkait dengan pengeluaran dan penerimaan kas dapat terinformasikan secara real time,” katanya.

Terintegrasinya Simda Keuangan dengan transaksi antara rekening kas umum daerah, lanjut dia berdampak pada efesiensi dalam proses penerimaan dan pengeluaran daerah, manajemen kas dapat dilakukan secara efektif, serta dapat menutup adanya ruang kebocoran penerimaan dan pengeluaran.

Selanjutnya, Simda yang digunakan dapat mengintegrasikan seluruh transaksi dalam suatu pencatatan akuntansi yang terarah sesuai standar akuntansi pemerintahan yang berlaku. Kesemua ini berimplikasi pada kemudahan pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Kota Palu.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Palu merasa sangat dimudahkan dan terbantu dengan terintegrasinya Simda Keuangan dan transaksi keuangan pada rekening kas daerah,” ungkapnya.

Wali kota melalui Sekkot Asri menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah dan jajarannya yang terus mengawal dan mendampingi Pemerintah Kota Palu menuju pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

Selanjutnya, apresiasi yang setinggi-tingginya, saya sampaikan kepada Kepala Kantor Cabang PT.BNI (Persero) Tbk beserta jajarannya atas dukungan pelaksanaan pengintegrasian melalui pengembangan dan penggunaan aplikasi koneksi transaksi antara rekening Kas Umum Daerah dan Simda Keuangan serta kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan lapak pedagang Hutan Kota Kaombona Palu sebanyak 17 unit dari pihak BNI Cabang Palu melalui program BNI Berbagi yang diterima langsung oleh Sekkot Asri.

 

Humas dan Protokol Setda kota Palu/HM

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close