BERITA SULTENG

Pasca Terkonfirmasi Positif 16 Kasus Pintu Masuk Palu Dioptimalkan

BERITA MORUT, PALU- Setelah melalui rapat koordinasi membahas hasil evaluasi penanganan dan pencegahan Covid-19 oleh Dinkes Kota Palu dan menyikapi trend perkembangan penyebaran Covid-19 di kota palu pasca terkonfirmasi positif 16 kasus pada tanggal 07 Juni 2020 maka disepakati bersama.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di ruang rapat bantaya lantai tiga kantor walikota palu pada rabu 10-06-2020, dipimpin langsung Wali Kota Palu, Drs Hidayat M.Si didampingi Sekkot Palu, H Asri SH, Waka Polres Palu Kompol, Abdul Azis SH, Pasiops Kodim 1306 Donggala, Kapten Inf Syarifuddin Rasyid, anggota DPRD Kota Palu, Mutmainah Korona, Nendra Kusuma.Putra, Kadinkes Palu, dr Husaema M.Kes, Plt Direktur Anutapura Palu drg Hery Muliyadi M.Kes dan sejumlah kepala OPD terkait lainnya, tim survailance dan para camat.

Adapun hasil rakor keputusan bersama sekaligus penandatanganan berita acara untuk dipedomani tersebut sebagai berikut pada poin satu, pos lapangan pemeriksaan kesehatan di pintu masuk wilayah kota palu tetap dilaksanakan secara optimal dan mewajibkan setiap pelaku perjalanan menunjukkan atau membawa hasil rapid test non reaktif yang masih berlaku selama lima hari dari daerah asal keberangkatan.

Bagi pelaku perjalanan yang tidak dapat menunjukkan hasil rapid test sebagaimana dimaksud pada poin satu dikembalikan ke daerah asal. Pondok perawatan bagi OTG dan ODP tetap dilaksanakan secara optimal. Pelaksanaan surveylance dari dinkes palu lebih dioptimalkan.

Posko pencegahan dan pengendalian Covid 19 kelurahan/kecamatan tetap dilaksanakan dan dioptimalkan. Penyemprotan disinfektan zona rawan covid 19 tetap dilaksanakan dan dioptimalkan.

Terkait dengan rencana pelaksanaan pelonggaran kegiatan perekonomian masyarakat (pasar, marung makan, warkop, toko dan UMKM), dengan memperhatikan surat edaran menteri kesehatan RI no HK.02.01/Menkes/335/2020 tentang protokol pencegahan penularan corona virus disease 2019 (covid 19) di tempat kerja sektor jasa dan perdagangan (area publik) dalam mendukung keberlangsungan usaha.

Dan surat edaran gugus tugas percepatan penanganan covid 19 no 7 tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman corona virus disease 2019 (covid 19) serta saran dan masukan dari peserta rapat.

Kegiatan usaha perekonomian masyarakat (pasar, warung makan, warkop, restoran, cafe dan UMKM) serta pelaku usaha jasa industri pariwisata dan toko diberi kelonggaran dengan ketentuan.

Mengikuti dan mematuhi protokol kesehayan covid 19, konsumen dan produsen/pelaku usaha wajib menggunakan masker, menyiapkan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Wajib menyiapkan bilik disinfektan bagi pelaku usaha jasa industri pariwisata dan pasar modern, warung makan, warkop, cafe, restoran dan usaha jasa makanan lainnya menyiapkan meja dan kursi wajib menjaga jarak sesuai protokol covid 19.

Bagi warga masyarakat kota palu yang melakukan perjalanan ke luar daerah tidak dipunggut biaya rapid test dengan ketentuan sebagai berikut, khusus untuk keperluan urgen (penting) yaitu: menghadiri kedukaan keluarga inti (suami, istri, bapak/ibu kandung dan anak kandung). Menjengguk keluarga inti yang sakit keras (suami, istri, bapak/ibu kandung dan anak kandung), menghadiri kedukaan keluarga inti dan menjengguk keluarga inti yang sakit keras wajib menunjukkan surat keterangan dari puskesmas/rumah sakit daerah tujuan.

Warga masyarakat miskin/tidak mampu yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial dari Dinas Sosial Kota Palu, data terpadu kesejahteraan sosial diberikan kepada RSU Anutapura Palu dan didampingi oleh petugas dari Dinas Sosial Kota Palu (khusus hari sabtu dan hari mingggu serta hari libur nasional). Pemeriksaan rapid test dilakukan oleh RSU Anutapura Palu. Alat rapid test yang disiapkan pemerintah kota palu maksimal 1.000 pcs.

 

 

Humas dan protokol pemkot palu/HM

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close