BERITA MORUT

KABAR BAIK, CEGAH COVID-19 PEMDA MORUT RESMI MILIKI ALAT PCR SWAB SENDIRI

KABAR BAIK, CEGAH COVID-19 PEMDA MORUT RESMI MILIKI ALAT PCR SWAB SENDIRI

BERITA MORUT, KOLONODALE- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara (Morut), hari ini 18 mei 2020 resmi miliki alat PCR SWAB sendiri, untuk mendeteksi covid 19.

Bertempat di RS Kolonodale, sekitar pukul 13.15 Wita dilakukan penyerahan alat PCR SWAB dari Plh. Bupati Morut Moh.Asrar Abd.Samad kepada direktur RS Kolonodale dr. Made Pujawan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolres Morut AKBP Bagus Setiyawan, SH.SIK.MH yang menyaksikan secara langsung penyerahan PCR SWAB.

Plh. Bupati Morut mengungkapkan kesyukuran Pemda bisa memiliki alat ini, yang sangat penting dibutuhkan dikondisi saat ini, mengingat alat SWAB yang ada di Propinsi membutuhkan waktu, untuk mendapatkan hasilnya.

“Dengan adanya alat ini sangat membantu, saya sangat berterima kasih, mudah mudahan alat ini akan membantu kegiatan pencegahan covid-19 di Kabupaten Morut”,ujarnya Bupati.

Kadis Kesehatan Morut Delnan Lauende, dalam penjelasannya terkait pengadaan alat ini mengatakan,”ini barang sangat penting untuk mendiagnosa awal, kalau hasilnya positif kita SWAB disini, kita akan kirim kembali ke gugus tugas propinsi, untuk mendapatkan pengakuan secara nasional”,ujarnya.

Pihak rekanan dari PT. Global Putra Sejahtera yang berkantor di Bogor, dan hadir dalam penyerahan alat PCR SWAB, melalui marketingnya Nuzran Joher kepada awak media yang hadir menjelaskan, “Kelebihan PCR ini Portabel, bisa dibawah kemana mana, tanpa perlu ruang khusus, jika ada kasus ODP dikecamatan, bisa dibawah, alat ini memiliki akurasi 97-99% membaca covid-19, dalam satu hari bahkan bisa 200-250 orang yang dideteksi, dengan metode sekali deteksi 4-8 orang yang akan di SWAB, hanya dalam 40 menit bisa diketahui hasilnya”,paparnya.

Kabar gembira tersebut adalah upaya yang dilakukan oleh Pemda, dalam mencegah wabah covid-19. Dengan harapan bahwa PCR SWAB senilai 947 Juta tersebut akan mendukung tugas tim gugus covid-19 Kabupaten Morut.

 

CHEM SIOMBO/CHIPRIANUS PONGKASO

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close