BERITA SULTENG

Naik Drastis Corona Sulteng Sampai Angka 101 Orang

Naik Drastis Corona Sulteng Sampai Angka 101 Orang

BERITA MORUT, PALU – Jumlah orang terkonfirmasi positif corona virus disease (covid-19) di Sulawesi Tengah pada hari ini Rabu (13/5/2020) berdasarkan pusat data dan informasi kebencanaan nasional (Pusdatina) covid-19 Sulteng telah menyentuh angka 101 orang. Kabupaten Buol menjadi wilayah terbanyak positif corona dengan angka 49 orang.

Peningkatan jumlah orang terkonfirmasi tu menunjukan bahwa kesadaran masyarakat serta upaya pemerintah yang masih kurang sehingga transmisi (perpindahan) pandemi covid-19 semakin cepat terjadi.

Berdasarkan penjelasan Pusdatina covid-19 Sulteng yang disampaikan juru bicara Drs Haris Kariming, pada hari ini jumlah orang terkonfirmasi positif corona bertambah enam kasus dari jumlah 95 menjadi total 101 kasus. Ketambahan enam kasus itu terdiri dari lima di RS Pratama Buol dan satu di RS Anutapura yang merupakan pasien rujukan dari Poso.

“Pada hari ini dapat kami sampaikan bahwa jumlah orang terkonfirmasi positif corona di Sulteng telah mencapai angka 101 kasus. jumlah itu cenderung terus bertambah sehingga kita berharap masyarakat tetap berpedoman pada protokol kesehatan penangana covid-19,” kata Haris Kariming.

Untuk data ODP baru pada hari ini berjumlah tiga orang, selesai menjalani ODP delapan orang dan telah dinyatakan sehat oleh tim medis. Jumlah total ODP Sulteng perhari ini yakni sebanyak 142 orang. Terkait jumlah PDP pada hari ini, PDP baru sebanyak satu orang dan telah selesai menjalani PDP sebanyak tiga orang yang telah dinyatakan sembuh sehingga total PDP pada hari ini sebanyak 38 orang.

Haris Kariming pada kesempatan itu mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulteng khususnya untuk pasien yang dinyatakan sembuh dari covid-19 untuk tidak dikucilkan, mereka dalam keadaan sehat dan dapat diterima untuk bersosialisasi atau bergaul seperti masyarakat yang lain, dengan tetap berpedoman pada protokol covid-19.

“Pada hari dapat juga saya sampaikan bahwa ada tujuh orang yang baru saja dinyatakan sembuh sehingga total yang sembuh berjumlah 20 orang.

Rinciannya terbaru yang tujuh orang itu yakni tiga di RS Anutapura dan empat di RS Undata,” lanjut Haris.
Dikesempatan itu Haris kembali meminta agar masyarakat tetap mendukung himbauan pemerintah, TNI, Polri dalam pencegahan virus corona. Dengan cara tidak berkumpul, menghindari kerumunan, tetap di rumah, tetap menjaga jarak, menggunakan masker bila harus terpaksa keluar rumah, menjaga pola hidup sehat, rajin mencuci tangan dan berolahraga.

 

IKB/HM

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close