BERITA MORUT

CEGAH COVID-19 PEMKAB MORUT SERAHKAN BANTUAN DI SOYO JAYA

BERITA MORUT. SOYO JAYA- Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut) serahkan bantuan Sembako kepada warga terdampak COVID-19 di kecamatan Soyo Jaya, Bantuan itu langsung diserahkan Bupati Morut Moh. Asrar Abd. Samad secara simbolis kepada 10 Kepala Desa, Sabtu (9/5/2020).

Bertempat di balai desa Lembah Sumara Penyerahan Bantuan sembako ini turut di hadiri oleh Ketua DPRD Kab.Morut Hj. Megawati Ambo Asa, SIP, Kadis Sosial Drs.Yospid Labangara, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum & Politik Drs.Jibrail Abd. Kadir, M.Si, Kadis Kesehatan Delnan Lauende,M.Kes, Kasat Pol.PP Buharman Lambuli, S.Sos, plt. Kadis Pendidikan Moh.Yamin Abd.Samad, mewakili Dandim 1311 Morowali Kapten Inf. Puryadi (Danramil 1311-03 Petasia) mewakili Kapolres Iptu I Wayan Sedana (Kapolsek Soyo Jaya), Sekretaris Dishub Lili Siombo, SE, Sekretaris Disnakertrans Muh. Suting, Kabag Humas Protokol Hery Pinontoan, S.STP, serta beberapa pejabat terkait, dan tamu undangan.

Bantuan jaring pengaman sosial berupa sembako tersebut akan dibagikan kepada 1.653 warga yang tersebar di 10 desa se-kecamatan Soyo Jaya, dan disaksikan oleh camat Soyo Jaya Iskandar Zulkarnain, yakni warga desa Tamainusi 144 kk, desa Panca Makmur 425 kk, desa Toddopuli Uebangke 144 kk, desa Tandoyondo 123 kk, desa Lembah Sumara 157 kk, desa Tambayoli 127 kk, desa Sumara Jaya 35 kk, desa Bau 207 kk, desa Malino 92 kk, dan desa Malino Jaya 199 kk.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan yaitu :
Beras 16.530 kg
Telur 1.653 rak
Vitamin C 8.265 tablet
Gula pasir 1.653 kg

Plh.Bupati Morut menyampaikan, warga yang mendapat bantuan tersebut adalah warga yang terdampak akibat virus Corona dan belum mendapatkan bantuan semacam PKH (Program Keluarga Harapan) sembako dan bantuan sosial lainnya.

Pada kesempatan itu plh. Bupati juga mengharapkan agar Camat dan Kepala Desa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat di kecamatan Soyo Jaya bahwa dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona maka kita harus menaati aturan protokol kesehatan, bukan dengan menutup akses jalur masuk ke wilayah tersebut.

“Saya berharap agar Camat dan para kepala desa dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk rajin cuci tangan pakai sabun, gunakan masker saat keluar rumah, hindari kerumunan, jaga jarak dan jaga kesehatan” ucap bupati.

Plh. Bupati juga mengatakan bahwa jalur logistik masuk dan keluar harus dibuka, agar perputaran ekonomi tetap berjalan normal, begitupun jalur masuk pemerintah Kabupaten ke wilayah kecamatan Soyo Jaya harus tetap dibuka.

“Masyarakat tidak perlu takut dengan kedatangan kami, toh kami tidak nginap didaerah ini, dan Insya Allah mari kita sama-sama menjaga diri dan keluarga dari penyebaran virus corona” imbuhnya.

Selanjutnya Bupati dan rombongan menuju perbatasan Kabupaten Morut – Tojo Una Una didesa Malino Jaya, meninjau posko tenaga kesehatan dan pengamanan yang bertugas di perbatasan, yang telah diberlakukan jam buka – tutup jalur masuk dan keluar di wilayah tersebut.

Kemudian rombongan bergerak balik ke desa Lembah Sumara untuk mengikuti kegiatan pertemuan Bupati dan 10 imam desa, dengan mendengarkan arahan dari pemerintah tentang tata cara ibadah dibulan suci Ramadhan dalam situasi pandemic covid-19.

“Saya berharap para imam untuk tidak melaksanakan sholat berjama’ah di mesjid yang mengakibatkan banyaknya jema’ah berkumpul, mari ikuti himbauan MUI pusat untuk saat ini kita ibadah dirumah saja, namun para imam tetap memandu ibadah sholat 5 waktu dari toa mesjid” sebut Bupati.

Informasi detail tentang nama-nama penerima bantuan dan tekhnis penyalurannya, silahkan menghubungi Camat dan Kepala Desa setempat.

 

HM/Bidang_IKP

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close