BERITA MORUT

PEMDA MORUT SALURKAN BANTUAN UNTUK 3.321 KK, KECAMATAN MORI ATAS DAN MORI UTARA

Pemkab Morut Serahkan Bantuan Sembako ke Warga Terdampak Covid-19

BERITA MORUT- Pemerintah Kabupaten Morowali Utara melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan berupa sembako kepada keluarga dan warga yang terdampak langsung COVID-19 di dua Kecamatan yakni Mori Atas dan Mori Utara, Jumat (8/5/2020).

Hadir bersama Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Morowali Utara Hj. Megawati Ambo Asa, SIP, Kapolres Morut AKBP Bagus Setiawan, SH, SIK, MH, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Victor A. Tamehi, Kadis Sosial Drs. Yospid A. Labangara, Kadis Kesehatan Delnan Lauende, M.Kes, Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum Drs. Jibrail Abd. Kadir, M.Si, Kasat Pol. PP Buharman Lambuli, S.Sos, dan beberapa pejabat terkait.

Penyaluran sembako untuk kecamatan Mori Atas berlangsung di balai desa Tomata dan diserahkan oleh plh. Bupati Morut Moh. Asrar Abd. Samad, kepada Camat Mori Atas Yesirdam Balirante selanjutnya akan dibagikan kepada 1.709 Kepala Keluarga, terdiri dari 14 Desa melalui kepala desa masing-masing :
Desa Tomata 132 kk
Desa Pamberea 50 kk
Desa Kolaka 127 kk
Desa Peonea 222 kk
Desa Ensa 132 kk
Desa Lee 93 kk
Desa Tomui Karya 118 kk
Desa Taende 99 kk
Desa Londi 217 kk
Desa Kasingoli 92 kk
Desa Saemba 110 kk
Desa Gontara 75 kk
Desa Saemba Walati 114 kk
Desa Lanumor 127 kk

Adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa :
Beras 17.090 kg
Telur Ayam 1.709 rak
Vitamin C 8.545 tablet
Gula Pasir 1.709 kg

Setelah itu Bupati bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke kecamatan Mori Utara untuk menyerahkan bantuan sembako melalui Camat Yeslian Suade bertempat di balai desa Lembontonara. Bantuan tersebut akan diserahkan kepada 1.612 kepala keluarga yang tersebar di 8 desa, masing-masing :
Desa Lembontonara 424 kk
Desa Era 191 kk
Desa Peleru 319 kk
Desa Tamonjengi 114 kk
Desa Mayumba 159 kk
Desa Tiwaa 111 kk
Desa Tabarano 64 kk
Desa Wawondula 230 kk

Adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa :
Beras 16.120 kg
Telur Ayam 1.612 rak
Vitamin C 8.060 tablet
Gula Pasir 1.612 kg

Selain penyaluran sembako, Bupati juga menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga miskin terdampak covid-19 di kecamatan Mori Utara.

Kepala Dinas Sosial Drs. Yospid Labangara dalam sambutannya mengatakan bahwa jenis bantuan ini merupakan jaring pengaman sosial dengan menggunakan dana APBD melalui Dinas Sosial Daerah Kabupaten Morowali Utara.

Bupati berharap dengan penyaluran bantuan sembako dari pemerintah ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung virus corona ini. “Mudah-mudahan sembako yang diberikan bermanfaat bagi warga yang kita suruh untuk membatasi aktivitas, untuk tetap tinggal dirumah, dan tentunya tidak bekerja. Sehingga pemerintah wajib hadir untuk secara langsung membantu masyarakat,” harapnya.

Beliau juga mengatakan bahwa penyerahan bantuan sekiranya ada yang tidak memenuhi syarat untuk dikonsumsi harap segera laporkan ke Pemda melalui Dinas Sosial. “Kalau ada beras atau telur yang rusak harap laporkan, agar kami segera ganti yang baru” ucapnya.

Kedepan juga akan ada perbaikan data nama-nama penerima bantuan melalui masing-masing kepala desa agar bersinergi dengan Dinas Sosial untuk menyamakan data penerima yang memang layak untuk diberi bantuan.

Bupati Asrar juga mengharapkan “Bantuan ini nantinya agar didistribusikan secara selektif dan tepat sasaran. “Yang pasti kita harapkan penerima manfaat ini dilakukan secara selektif khususnya di lingkungan masyarakat yang terdampak virus corona di Kabupaten Morowali Utara,” pungkasnya.

Informasi tentang nama-nama penerima bantuan dan tekhnis penyalurannya silahkan menghubungi camat atau kepala desa setempat.

Pada kesempatan itu Bupati bersama rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju posko perbatasan kabupaten Poso – Morut di desa Tiwaa untuk meninjau posko pengamanan dan posko tenaga kesehatan yang bertugas di daerah perbatasan.
Dan selanjutnya rombongan bergerak balik dan singgah di Balai Diklat BKPSDM di desa Tompira untuk meninjau gedung tersebut yang akan dipersiapkan untuk merawat pasien isolasi PDP Covid-19 di Kabupaten Morowali Utara.

Kita berharap semoga wabah ini segera berakhir, dan semua aktivitas bisa kembali normal.

 

HM/Bidang_IKP

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close