BERITA MORUT

Jalan Trans Sulawesi dan 20 Unit Rumah Warga Terendam Banjir di Morut

Jalan Trans Sulawesi dan 20 Unit Rumah Warga Terendam Banjir di Morut

BERITAMORUT.COM- Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Morowali Utara khususnya di wilayah Kecamatan Lembo membuat dusun 1 (Beteleme Tua) Desa Beteleme tergenang banjir setinggi 60 cm Minggu (3/5/2020).

Banjir ini disebabkan meluapnya sungai Tambalako. Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Morowali Utara dan Kota Sorowako Kabupaten Luwu Timur Sulsel tepatnya di Dusun 1 Beteleme sepanjang 200 meter. Akibatnya arus lalulintas dari kedua arah terganggu.

Kapolres Morowali Utara AKBP Bagus Setiyawan yang meninjau langsung lokasi mengatakan jalan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan berat, sementara sepeda motor tidak dapat melaluinya. Sejumlah warga Beteleme yang berada di kebun terisolasi banjir setinggi bahu orang dewasa. “Kami sudah mengerahkan anggota untuk mengevakuasi mereka bekerja sama dengan pihak TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Morowali Utara” katanya.

Ia menerangkan dari hasil laporan pihak Polsek Lembo, sebanyak 20 unit warga warga ikut terendam, selain itu ribuan hektar areal lahan pertanian milik masyarakat yang berada di bantaran sungai Tambalako tergenang, dilaporkan bahwa hasil tanaman pertanian berupa buat sawit dan ternak warga ikut terbawah arus. “Warga terpaksa mengungsi kerumah kerabatnya yang lebih aman dengan bantuan petugas” jelasnya.

Seorang pengendara yang mencoba memaksa menerobos banjir tersebut ikut terseret arus, derasnya aliran banjir membuat pengendara tersebut jatuh dan terbawa arus air. Pengendaranya selamat, hanya saja motornya sempat tenggelam dan segera ditolong Kapolres yang memang berada di lokasi, dibantu TNI dan warga melakukan evakuasi.

Selain mengenangi Desa Beteleme, luapan sungai juga menutup akses jalan Trans Sulawesi di Dusun Uelene Desa Wawopada yang menghubungkan Morowali Utara dengan Kota Palu. “Kami telah menyiagakan personel kami di Lokasi Banjir dan telah melakukan evakuasi dan juga membantu warga yang akan melintas keluar dan masuk Morowali Utara.”tutur Kapolres.

KAPOLRES SALURKAN BANTUAN

Kerja cepat dan tepat adalah gaya kerja AKBP Bagus Setiyawan, bagaimana tidak, usai membantu warga Dusun Beteleme Tua desa Beteleme yang terdampak banjir. Orang nomor satu di jajaran Polres Morowali Utara langsung memberikan bantuan sembako kepada para korban banjir.

Warga yang terdampak banjir langsung memperoleh bantuan bahan makanan, apalagi disaat ekonomi sulit akibat dampak pandemi virus Covid-19 warga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban mereka. “Hingga saat ini, personel Polres Morowali Utara masih disiagakan dilokasi banjir” tuturnya. VAN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close