BERITA SULTENG

Tim SAR Gunakan APD Lengkap Evakuasi Korban Terseret Arus Sungai

BERITAMORUT.COM- Tim SAR menggunakan APD lengkap, saat melakukan evakuasi korban (28/4), yang sebelumnya dilaporkan terseret arus sungai pada saat menyebrang menuju kebunnya (26/4).

Korban ditemukan pukul 07.00 wita oleh seorang warga yang hendak pergi mengambil sapi, informasi penemuan diterima pukul 11.30 wita, tim tiba di desa bulubete sekitar pukul 11.50 wita.

Kepala kantor Basarnas Palu, Basrano mengatakan, “evakuasi menggunakan APD lengkap ini sudah kali kedua, dan sebenarnya SOP ini sudah berlaku di Basarnas 2 bulan yang lalu, namun terkendala kelengkapan APD sendiri, akan tetapi hingga saat ini oleh Basarnas secara Nasional sudah ada APD atau baju Hazmat lengkap”,ujarnya.

Penggunaan APD sesuai dengan SOP operasi SAR selama masa covid-19, untuk menghindari kontak secara langsung dengan korban. Dimana tim SAR yg bertugas termasuk rentan tertular covid, dan harus dipastikan bahwa penularan tersebut dapat dicegah, sehingga tidak membahayakan keselamatan anggota tim maupun orang disekitar.

Sebelumnya (26/4) dilaporkan seorang warga hilang terseret arus sungai, yang diketahui bernama hengky (30). Saat menyebrangi sungai miu, hendak menuju ke kebunnya.

 

Heandly Mangkali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close