BERITA MORUT

DESA UEWAJO BERBAGI DI TENGAH PENDEMI COVID-19

Berbagi ditengah covid-19 dilakukan oleh Desa Uewajo Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara (Morut).

BERITAMORUT.COM- Sesuai himbauan Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, melalui surat No.1261/PRI.00/IV/2020 per tanggal 14 April 2020 menjadi dasar penggunaan alokasi dana desa (ADD). Didalam surat tersebut, mengatur soal upaya pencegahan dan penanganan covid-19, termasuk pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), serta kegiatan padat karya.

Desa Uewajo menggunakan dana talangan senilai 150 Juta, sambil menunggu proses pencairan ADD. Dana ini digunakan untuk membantu 253 KK warga masyarakat, ditengah pendemi corona. Dengan perincian sebanyak 171 KK mendapatkan BLT senilai 600.000/KK dalam bentuk sembako. Sementara Alat pelindung diri (APD), seperti masker, serta sabun cuci tangan, diberikan merata kepada 253 KK.

Dalam proses pengadaan sembako tersebut, Kepala Desa sepenuhnya melibatkan masyarakat sebagai penerima manfaaf, untuk ikut mengelolah.

Kepala Desa Uewajo, Semardin buluade,S.Pd hari ini (15/4) saat dihubungi mengatakan “pengadaannya saya kasih masyarakat langsung ikut kelolah, misalnya si A siapkan beras 1 ton,,,si B 1 ton, begitu juga dengan pengadaan masker dan sabun cuci tangan”, ujarnya.

Keterbukaan dan musyawarah di kedepankan, dalam upaya pencegahan covid-19 ini, sehingga secara bersama sama, semua masyarakat dapat memiliki kesadaran, dan ikut berperan penting di desa.

Seorang ibu mengatakan kepada media ini, “Semoga wabah ini cepat berlalu, dan kami semua sehat, di desa kami semua baku bantu”, ujarnya.

 

Hendly

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close