BERITA MORUT

RSUD MOROWALI TETAPKAN SATU WARGA SULSEL PDP, RUJUKAN PASIEN DITOLAK RSUD KODAL

RSUD MOROWALI TETAPKAN SATU WARGA SULSEL PDP, RUJUKAN PASIEN DITOLAK RSUD KODAL

BERITAMORUT.COM- Kepala Dinas Kesehatan Morowali Utara (Morut) Delnan Lauende, menegaskan jika kebenaran pasien dalam pantauan (PDP) dari rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Morowali, yang dirujuk ke RSUD Morut benar adanya, namun menurut Delnan saat ini pasien PDP ditolak dengan alasan rujukan tidak sesuai prosedur dan tahapan (PROTAP)

“Prosedur penanganan rujukan Covid 19 itu harus sesuai Protap rujukan, sebelum merujuk harus ada persetujuan dari RSUD yang dipercayakan menangani pasien PDP Covid 19 dalam hal ini RSUD Morowali Utara” jelasnya.

Dikonfirmasi terkait pasien yang rujuk ke RSUD Morowali Utara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Azhar Ma’ruf menyatakan bahwa saat ini memang benar ada satu pasien di RSUD Morowali sedang mendapatkan perawatan khusus.

“Yang ditetapkan PDP oleh RSUD Morowali adalah, warga Negara Indonesia (WNI) ber-KTP alamat Desa Belopa Kabupaten Luwu”ungkap Azhar saat dikonfirmasi via WhatsApp

Ditolaknya pasien PDP dari RSUD Morowali, Azhar mengatakan jika saat ini pasien sudah diarahkan ke RSUD Undata Palu, sebagaimana komunikasi Azhar dengan Agus selaku Direktur RSUD morowali

“Terkait dengan pasien dirujuk oleh pihak RSUD Morowali, menurut Direktur RSUD Morowali bahwa pasiennya sudah diteruskan ke RSUD Undata Palu sebagai pusat rujukan untuk Sulawesi Tengah, demikian disampaikan sesuai sumber informasi dari pihak RSUD morowali (Direktur)” kata Azhar di Group WhatsApp.

Azhar menambahkan, pasien berusia 69 tahun tersebut datang ke Morowali tepatnya di Kecamatan Bahodopi beberapa hari lalu bertujuan untuk membuka usaha. Namun sebelum datang di Morowali, pasien yang tidak disebutkan namanya itu sudah terlebih dahulu mendapatkan tindakan medis di Provinsi Sulawesi Selatan karena pasien itu mengidap penyakit demam.

“Dua Minggu lalu, riwayat pasien itu masih berstatus ODP dan telah mendapatkan tindakan operasi dari salah satu Rumah Sakit di Makassar. Kemarin Selasa, pasien itu datang di RSUD Morowali untuk berobat dengan keluhan sakit demam. Dan oleh pihak Dokter RSUD Morowali menduga, penyakit yang diderita pasien itu adalah typoid (suatu penyakit bakteri menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi atau kontak dekat),”jelasnya.***(Ady/Hend)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close