BERITA MORUT

Pintu Masuk Kabupaten Morut Diperketat, Petugas PKM Mayumba Mendata Setiap Warga Yang Melintas

Beritamorut.com, Tomata- Upaya pencegahan wabah covid-19 (corona), dilakukan semua daerah, terutama kabupaten yang menjadi pintu masuk kedatangan.

Begitu juga dengan pintu masuk Kabupaten Morowali Utara, didesa tiwaa yang berbatasan langsung dengan kabupaten Poso. Petugas kesehatan dari Puskesmas (PKM) Mayumba Kecamatan Mori utara, dibantu PKM Tomata, aparat kepolisian, TNI, dan pemerintah desa setempat, secara ketat memeriksa suhu tubuh warga yang melintas, melakukan wawancara, dan mencatat secara detail asal, tujuan, dan juga nomor kontak warga yang masuk kabupaten Morut.

Kamis 26/3/2020 pukul 16.35, kami yang melintas masuk kabupaten Morut, langsung diberi isyarat oleh petugas yang berjaga, dan penjelasan untuk dilakukan screening, sebelumnya petugas diposko mengarahkan untuk mencuci tangan ditempat yang sudah disediakan.

Petugas PKM Mayumba Dewi lakawa dan Ferry mengatakan kepada berita morut, “pendataan yang kami lakukan diposko untuk memisahkan warga yang datang atau melakukan perjalanan, dari daerah yang memiliki riwayat terjadi kasus covid-19, kemudian dari data tersebut, kami melakukan pemantauan selama 14 hari”, ujar dewi.

Semangat petugas kesehatan, yang lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD), walaupun beberapa petugas masih menggunakan APD dari jas hujan, bahkan dengan inisiatif sendiri, patut kita berikan apresiasi.

Mereka menjadi garda paling depan, menempatkan diri sebagai portal yang akan mencegah penyebaran wabah covid-19. Tentu semua ini akan bisa terwujud juga, bila seluruh elemen masyarakat sama sama bersatu padu mencegah virus yang mematikan tersebut, masuk ke Daerah kita.

Sejak wabah covid-19 menjadi perhatian Dunia, dan kita semua, sampai hari ini menurut petugas kesehatan di posko desa tiwaa, masyarakat yang melintas hasil screeningnya terbilang normal.

Hend

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close