BERITA SULTENG

LMND Sulteng ajak semua elemen cegah penularan Covid-19

“LMND Sulteng ajak semua elemen cegah penularan Covid-19”

Beritamorut.com, Palu- Merebaknya wabah Corona (Covid-19) ke sejumlah daerah harus segera di respon dengan cepat oleh semua kepala daerah, apalagi Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo resmi menjadikan Virus Covid-19 menjadi bencana nasional non alam.

Masa tanggap darurat yang ditetapkan Pemerintah dari 29 Februari sampai dengan 29 Mei 2020 nanti, harus menjadi tolak ukur pemerintah dalam mengambil langkah cepat menanggulangi penyebaran wabah Covid-19.

Di kota palu sendiri, data terbaru Orang Dalam Pengawasan (ODP) virus Korona Kota Palu saat ini, sebanyak 53 orang. Hal itu diungkapkan ketua satgas penanggulangan Covid-19, drg. Lutfiah. MKM (sumber kaili post).

Ini menjadi catatan serius karena dalam setiap harinya data orang dalam pengawasan terus bertambah. Sejak ditetapkan Social Distancing (Pembatasan Jarak) oleh Gubernur Sulawesi tengah, belum jelas terlihat langkah selanjutnya yang dilakukan oleh pihak terkait, baik Dinas Kesehatan dan BNPB dalam memerangi penularan wabah tersebut, pada akhirnya hanya menimbulkan kepanikan dilingkungan masyarakat.

Harusnya dalam hal penangulangannya, Dinas Terkait membuka diskusi seluas-luasnya terkait langkah yang akan dilakukan di Sulawesi Tengah dengan melibatkan akademisi, kelompok Mahasiswa yang dengan latar belakang disiplin Ilmu kesehatan, Komunitas yang di Sulawesi Tengah Khususnya Kota Palu, itu sangat tersedia.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan, mulai dari alat screaning untuk mendeteksi seseorang yang mulai terinveksi Covid-19, Membuat Hand Sanitizer, dan menyiapkan masker secara gratis.

Bisa pula membuat kelompok tenaga kesehatan yang ditugaskan untuk menerima pengaduan terhadap masyarakat yang terindikasi terinveksi virus Covid-19, baik dalam bentuk Posko, atau Komunitas relawan lainnya.

Pemerintah juga harus terus memberi informasi terkait dengan Covid-19 di Sulawesi tengah, yang setiap informasinya dikeluarkan dari salah satu media milik pemerintah yang kredibel, sehingga bisa meminimalisir beragam informasi Hoax yang beredar dilingkungan masyarakat.

Kita masih punya kesempatan untuk melakukan hal sederhana tapi punya dampak besar untuk membatasi penularan pandemi Covid-19 ke Masyarakat, ini moment tepat untuk kita bahu membahu, bergotong royong, bergerak bersama meredam penularan pandemi Covid-19. Saya mengajak kepada semua elemen masyarakat, khususnya pemuda untuk bergandengan tangan melawan penularan Covid-19.

Azis, S.E

Ketua Eksekutif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Provinsi Sulawesi Tengah (EW LMND Sulteng)

Redaksi

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close