BERITA MORUT

BUPATI SIGI “PEMBANGUNAN HUNTAP INI DIPANTAU OLEH SEMUA PIHAK”

BUPATI SIGI: PEMBANGUNAN HUNTAP INI DIPANTAU OLEH SEMUA PIHAK

BERITAMORUT.COM,SIGI – Tudingan ‘Pembohongan Publik’ dari salah satu forum kepada Bupati Moh Irwan Lapata, yang diberitakan disalah satu media online, tak membuat orang nomor satu di Sigi ini bersikap gusar. Justru tudingan itu di sambut dengan sikap ramah.

Tudingan itu terkait data realisasi pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban bencana di Desa Pombeve Kabupaten Sigi, yang di paparkan Bupati Sigi pada forum resmi, Januari 2020 lalu. Pemaparan Bupati Sigi itu dinilai bertolak belakang atau tidak sesuai dengan data dan fakta dilapangan.

Saat ditemui sejumlah awak media pada Jumat, (13/3/2020), Bupati Sigi Mohamad Irwan,S.Sos.,M.Si dengan tenang mengatakan bahwa yang ia paparkan kala itu adalah data yang diolah secara teknis dari dinas yang berkompeten.

Apalagi kata bupati, pembangunan Huntap ini dipantau oleh semua pihak, sehingga tidak mungkin ia paparkan data yang tidak sesuai fakta di lapangan seperti yang ditudingkan padanya.

“Kalau memang data kita salah, world bank, PUPR pusat dan BNPB akan keberatan, tapi ini mereka semua tidak ada yang keberatan, yang keberatan itu hanya mereka, yang sepertinya sudah masuk ke ranah politik,”tutur Bupati santai.

Soal turunnya wakil Bupati Sigi kelapangan untuk mengecek langsung proses pembangunan Huntap, Bupati katakan itu berarti sudah mewakili pemerintah kabupaten Sigi, sebab wakil bupati adalah bagian dari pemerintah di daerah ini.

”Dikatakan bupati Sigi tidak turun lapangan, apakah saya harus melapor kepada mereka untuk memberitahukan kalau saya setiap Sabtu dan Minggu mengecek kesana ? . Lagian turunya wakil bupati meninjau Huntap itu sudah mewakili pemerintah daerah, tapi saya heran sebab pemberitaan tersebut terkesan lebih menjelekan bupati. Atau jangan-jangan juru bicara forum itu membawa titipan,” ucap bupati.

Bupati tambahkan, penangnaan Huntap di Kabupaten Sigi ditangani oleh PUPR dan Dana Bencana. Untuk data relokasi Huntap sendiri ditangani oleh PUPR, sementara Huntap stimulan/insitu ditangani oleh Badan Bencana.

Selanjutnya, dua data Tersebut dikombain menjadi satu dan dipaparkan oleh Bupati Sigi. Khusus untuk Huntap Pombewe dikelola oleh PUPR dan dikordinasikan dengan Budha Tsu Chi.(Sumber: Diskominfo Kab.Sigi)

 

Redaksi

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close