BERITA SULTENG

Gandeng Organisasi Untuk Tingkatkan Skill Masyarakat Lanal Palu Ingin Milenial Jaga Alam Laut Teluk Tomini

Parimo, beritamorut.com:

Gandeng Organisasi Untuk Tingkatkan Skill Masyarakat Lanal Palu Ingin Milenial Jaga Alam Laut Teluk Tomini

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu dibawah Komando, Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla, menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) selam dasar, di pesisir Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) tepatnya Dusun III, Desa Tambu, Kecamatan Sausu. Kegiatan tersebut, dipimpin langsung, Pgs. Paspotmar Kapten Laut (P) Hari Sujarwo, beserta tim pelatih yang berjumlah 8 orang selaku instruktur dan pelatih selam serta pendukung.

Mohamad Astil Selaku Kepala Desa Tambu yang ditunjuk sebagai penanggung jawab peserta, menyampaikan rasa sukur, karena berkesempatan mengikuti Diklat yang diselenggarakan pihak Lanal Palu, tidak hanya itu ia menilai kegiatan Lanal, menggandeng organisasi selam Parimo adalah langkah tepat meningkatkan wawasan masyarakat pesisir untuk melestarikan kekayaan alam yang ada di Teluk Tomini, ia juga menyampaikan agar kegiatan seperti ini terus diselenggarakan karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan desa parawisata

“banyak ilmu maupun pengetahuan tentang alam bawah laut dan paling penting masyarakat disini diberikan pembelajaran tentang dasar tehnik selam, sekaligus dikenalkan peralatan selam yang moderen guna kesiapan masyarakat hadapi era moderen saat ini, sebab wawasan baru bagi kami menjadi modal untuk tingkatkan kepercayaan diri menghadapi wisatawan yang masuk didaerah kami dan masyarakat disini juga mendapat pengetahuan baru tentang bagaimana menjaga kelestarian alam Teluk Tomini, terutama bagi regenerasi kami kedepan yaitu genarasi milenial” papar Kades.

Sejalan dengan paparan pengalaman Kepala Desa Tambu saat mengikuti Diklat, Lanal Palu mengatakan tema kegiatan ini yaitu ‘pemberdayaan masyarakat pesisir, melalui pelatihan selam dasar dan sosialisasi tentang kelestarian sumber daya alam laut kepada masyarakat dan generasi muda pesisir desa tambu’

Menurut Danlanal Palu, Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Lanal Palu dengan
organisasi selam yang ada di Parimo.

“Dengan tujuan untuk melestarikan sumberdaya alam laut kepada masyarakat dan Milenial” ujar Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi

Lebih lanjut dikatakan, Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla, sebanyak 13 orang peserta yang merupakan warga Desa Sausu, ikut sebagai peserta dengan penanggung jawab, Kepala Desa Sausu Tambu, Mohamad Astil.

“Materi dalam bentuk teori diberikan, yaitu pengenalan peralatan scuba open, dan cara penggunaannya. Selain itu, materi bahaya penyelaman, drill kering teknik menyelam, pembinaan binsik di darat dan binsik di air,” jelasnya.

Untuk praktek, tambah Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla, ada materi cara menggunakan peralatan Scuba di air, praktek dengan teknik jackstay atau menggunakan tali jalan dikedalaman 6 meter.

“Diklat selam dasar ini merupakan, rangkaian awal yang akan dilanjutkan dengan sosialisasi bidang kelautan oleh Dinas terkait,” tandasnya.(Ady/Hend)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close